Ulasan Buku: Novel Dunia Sophie

Judul: Dunia Sophie/bagian Renaisans
Jumlah Hlm: 798
Penulis: Jostein Gaarder
Penerbit: Mizan
Pengulas: Aderwin
Novel dengan latar belakang filsafat ini cukup memberi angin segar kepada pembacanya, karena selama ini, di filsafat yang dipandang sulit dan berat untuk dipelajari ternyata bisa disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna.
Pada halaman 294-338 bagian Renaisans menjelaskan bahwa, Renaisans adalah perkembangan budaya yang dimulai dari akhir abad 14 dimulai dari Italia Utara hingga menyebar dengan cepat ke seluruh eropa dalam abad 15-16. Renaisans atau kelahiran kembali atau dikenal juga sebagai lahirnya kembali kesenian dan kebudayaan Yunani kuno, membicarakan mengenai nilai-nilai Humanisme renaisans.
Renaisans menimbulkan pandangan baru tentang manusia.humanisme renaisans menimbulkan pandangan baru tentang manusia yang dimana ini sangat bertentangan dengan tekanan dari abad pertengahan yang penuh prasangka mengenai manusia yang penuh dosa. Bahkan salah satu tokoh renaisans mengatakan “kenali dirimu sendiri, wahai keturunan ilahi dalam samaran sebagai manusia” (marsilio picino).
Inovasi renaisans yang paling berkembang dalam renaisans yaitu gagasan metode ilmiah baru. Yaitu hasil-hasil teknis dari metode yang tampak lebih jelas. Pada masa ini dikatakan bahwa penyelidikan terhadap fenomena alam harus didasarkan pada pengamatan,pengalaman dan percobaan atau dikenal sebagai metode empiris.
Paling penting dalam semua itu adalah ungkapan istilah matematika yang lebih tepat. “ukurlah apa yang bisa diukur dan buatlah agar dapat diukur sesuatu yang tidak dapat diukur” kata seorang italia ahli matematika yang sangat berpengaruh pada abad ke17 (Galileo Galilei). Sampai dengan munculnya Hukum Gravitasi Universal dari gagasan Issac Newton.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *